BANJARNEGARA – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Website untuk petugas pelayanan informasi dan dokumentasi PPID Pelaksana, Kamis (24/10/2024) di Ruang Sasana Abdi Praja Setda Banjarnegara.

Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banjarnegara, Barijadi Djumpaedo S.Sos., yang menekankan pentingnya website PPID dalam mendukung keterbukaan informasi publik.

“Website PPID adalah salah satu instrumen utama keterbukaan informasi publik. Website ini tidak hanya berfungsi sebagai media penyampaian informasi, tetapi juga sebagai wajah dari pelayanan informasi publik di Kabupaten Banjarnegara. Oleh karena itu, pengelolaan website yang efektif dan efisien sangat krusial,” kata Edo.

Edo menambahkan, bahwa setiap pengelola PPID harus memiliki keterampilan dalam mengelola website agar informasi yang disampaikan selalu mutakhir, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat.

“Kami juga ingin menegaskan, dalam setiap pengelolaan informasi publik, kita harus senantiasa menjaga etika dan profesionalisme. Dalam menyajikan informasi, kita wajib memperhatikan kepentingan publik, menjaga kerahasiaan yang memang harus dirahasiakan, dan menjunjung tinggi integritas serta tanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Hal ini penting untuk memastikan informasi yang disampaikan melalui website PPID tidak hanya informatif, tetapi juga terpercaya,” tegasnya.

Bimtek diikuti oleh petugas PPID dari OPD Dinas dan Kecamatan se-Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diikuti oleh petugas pelayanan informasi dan dokumentasi PPID Pelaksana Kecamatan, dan sesi kedua diikuti. PPID Pelaksana dari Dinas dan Badan. Bertugas sebagai narasumber, Agung Sri Kuncoro dan Ahmad Gozali selaku Pengelola Website pada Dinkominfo Banjarnegara.* (Kominfo_fzr).