Rakananda Kumara Arasy, Juara Sempoa dan Aritmatika dari Banjarnegara

Published on : 14-January-2019 | Published by : Admin

Banjarnegara - Satu lagi putra Banjarnegara berhasil mengukir prestasi membanggakan. Adalah Rakananda Kumara Arasy warga Parakancanggah Banjarnegara, yang tahun lalu meraih medali perak pada ajang Competition of Abacus and Mental Arithmetic of WAAMA (World Abacus and Mental Arithmetic). Lomba ini merupakan kejuaran bergengsi sempoa dan mental aritmatika tingkat internasional, yang diikuti oleh 200 anak dari China, Jepang, Hongkong, Kanada, Amerika, Libanon, India.

Kebetulan lombanya digelar di Bandung Jawa Barat namun sebenarnya pesertanya dari beberapa negara itu. Arasy, panggilan akrab siswa Kelas II SD IT Permata Hati senang bisa unjuk kebolehan dengan teman-teman sebayanya dari negara asing.

“Pastinya senang, ikut lomba ini bisa untuk bekal pengalaman dan saling kenal dengan teman-teman baru dari luar negeri,” kata Arasy yang mewakili UC Mas Indonesia. UC Mas adalah sekolah pendidikan sempoa dan mental aritmatika.

Ditanya tentang pengalaman lomba di ajang bergengsi itu, putra pasangan Arif Priyono - Wedha Santi Kusmastuti (pegawai BPS Banjarnegara) ini tampak bersemangat menanggapi.

“Waktu saya ikut lomba, waktunya sebentar banget, hanya 3 menit, 1 soal isinya 5 - 6 baris angka. Ada penjumlahan, tambah kurang yang harus dijawab cepat,” katanya, “Alhamduillah saya bisa konsentrasi makanya bisa mengerjakan dengan cepat,” terang anak yang bercita-cita ingin jadi pengusaha ini.

Sementara itu Lintang Wahyudi, guru pembimbingnya mengatakan, Sempoa merupakan alat hitung etnis Tionghoa yang berfungsi juga untuk melatih ketangkasan berfikir bagi anak-anak.

“Sempoa dan mental aritmatika sangat baik untuk anak usia 3 tahun sampai 7 tahun. Juga bisa melatih anak supaya bisa berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat,” kata Lintang, “Sempoa bukan sekedar alat, tapi singkatan dari “Sistem Edukasi Mengoptimalkan Potensi Otak Anak,” imbuhnya.

Lebih lanjut Lintang menjelaskan bahwa lomba yang diikuti Arasy merupakan event bergengsi empat tahunan. “Rakananda Arasy ikut tingkat Group of Prschool Children, alhamdulillah yang bersangkutan meski pertama kali ikut langsung juara dan meraih medali perak.”

Pimpinan UC MAS Banjarnegara dan Wonosobo ini menyebut, ada 5 program yang dibimbingnya antara lain mental aritmatika dan sempoa, i-maths (untuk 3-7 tahun, mega brain, dan IQ maths (belajarmatamatika).

“Program sempoa dan mental aritmatika ini melatih anak berfikir dengan logika cepat serta melatih agar fokus dengan pekerjaannya,” pungkasnya.*** (mujiprast)



Kembali ke halaman Berita »