11 Anak Bajang ikuti Ruwatan Potong Rambut Gimbal dalam DCF X

Published on : 06-August-2019 | Published by : Admin

DIENG - Prosesi ruwatan anak berambut gimbal (anak Bajang) sebagai puncak acara Dieng Culture Festival (DCF) X telah dilaksanakan Minggu (4/8/201). Hadir dan turut meruwat antara lain Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin , Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Forkompinda Banjarnegara, dan Sekretaris Wantimpres Juli Trisna Dewani beserta rombongan.

Kepala Disparbud Banjarnegara, Dwi Suryanto, menjelaskan, Dalam Dieng Culture Festival (DCF) 2019, salah satu acara inti perhelatan ini adalah ritual cukur rambut sebanyak 11 anak berambut gimbal (Anak Bajang).

Mereka mengikuti ruwat pemotongan rambut gimbal pada puncak Dieng Culture Festival (DCF) 2019, Minggu 4 Agustus yang selanjutnya diberikan pada si anak.

Permintaan lain dari anak gimbal yang akan diruwat sangat beragam. Ada yang minta es krim coklat, pecut atau cambuk, uang Rp 4 ribu, cincin dan duren, laptop, 2 ekor kambing, liburan ke pantai, sepeda pink, dan uang Rp 4 juta serta ada juga yang permintaannya tiga jenis sekaligus yaitu Bakso, sepeda, dan Hp.

Bupati Banjarnegara usai memotong rambut anak gimbal juga menuruti permintaan si anak bajang, yakni es krim warna coklat.

Terpisah, bupati mengucapkan selamat atas suksesnya event ini.

"Yang jelas saya amati lebih tertib dari tahun sebelumnya. Meski masalah utama belum terpecahkan. Yakni Ketersediaan fasilitas : parkir, transport (akses jalan) penginapan, toilet, dan lainnya," katanya.

"Untuk itulah kami akan cukupi dengan membangun dan membenahi infrastruktur wisata Dieng di tahun 2021 besok," imbuhnya.

Bupati juga menyampaikan kedatangan tamu dari Jepang dan diajak serta menyaksikan DCF.

"Tamu kami juga kagum dengan semua obyek, terutama kawah Sikidang. Menurutnya, Sikidang jauh lebih bagus dari kawah yang di jepang

Tapi disana kebersihan sangat terjaga. Baik oleh pengunjung maupun pengelola," ujarnya.

Wagub Taj Yasin mengapresiasi kegiatan yang sudah berjalan ke sepuluh ini. Ia berharap wisatawan kerasan tinggal lebih lama di Dieng.

"Bagi yang belum mendapati salju Dieng, cobalah ditunggu lagi sambil menikmati indahnya alam Dieng," ujarnya berpromosi.

Kepala Disparbud Banjarnegara Dwi Suryanto, mengatakan , peredaran uang selama event DCF 2019 mencapai Rp. 58 Miliar, sedang jumlah pengunjung mencapai 177 ribu orang lebih. (Muji P/Dinkominfo)



Kembali ke halaman Berita »